Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Keren! Pertama Kalinya Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflok di Desa Dangdeur

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) terus memperkuat program pengembangan budi daya dengan komoditas unggulan berorientasi ekspor. Berkaitan dengan hal tersebut, di Desa Dangdeur Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta telah di buat kolam budidaya ikan nila sistem bioflok.  Diharapkan dengan budidaya sistem bioflok penggunaan pakan lebih efisien, produktifitas tinggi, hemat air dan ramah lingkungan. Ikan Nila dipilih untuk dibudidayakan karena ikan ini mempunyai daya toleransi yang tinggi terhadap perubahan lingkungan (Aliyas et al., 2013)  dan merupakan ikan pemakan fitoplankton, zooplankton dan detritus (Sukamto et all., 2013). Pembangunan budidaya ikan nila sistem bioflok di Desa Dangdeur merupakan pembangunan pertama kali di Desa Dangdeur. Pembangunan kolam mulai pertama kali dilaksanakan pada 2 September 2023 dan saat ini tinggal menunggu bibit ikan untuk dimasukkan ke dalam kolam. Budidaya ikan lele tersebut di biayai oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan atas usulan dari Kepala Desa Dangdeur. Selanjutnya kelompok Tani Mulya 1 diberi tugas untuk mengawasi dan melanjutkan budidaya ikan nila tersebut.      https://dkp.kulonprogokab.go.id/detil/201/budidaya-ikan-nila-menggunakan-sistem-bioflok 

Meninggalkan Kenangan dengan Jalan Kenangan! Praja IPDN bersama warga Desa Dangdeur bekerjasama membangun jalan baru

Jalan desa merupakan akses masyarakat untuk melakukan perpindahan dari suatu desa ke desa, desa ke kecamatan maupun ke daerah lain. Namun di Indonesia permasalahan infrastruktur jalan belum terselesaikan. Jalan menjadi salah satu permasalahan nasional. Banyak jalan yang rusak baik jalan provinsi, jalan kabupaten maupun jalan desa. Desa Dangdeur mendapat curahan dana desa berupa pembuatan akses jalan baru. Pembuatan jalan tersebut dilakukan oleh bapak-bapak dari Desa Dangdeur setiap Jumat nya. Namun, beda halnya dengan pembuatan jalan pada hari Jumat, 9 September 2023.  Para warga dibantu oleh Praja IPDN yang sedang melakukan magang di Desa Dangdeur. Suasana baru yang dirasakan oleh warga masyarakat menyambut kedatangan Praja IPDN dengan sangat antusias. Kegiatan tersebut sebagai ajang perkenalan Praja IPDN kepada warga sekaligus menjalin silaturahmi agar semakin kuat. Meskipun kegiatan magang tersebut hanya berlangsung selama 13 hari namun ingin meninggalkan kesan yang baik dan bermakna hingga dikenang selalu oleh masyarakat khususnya Desa Dangdeur.

Hati-hati kepeleset!!!! Licinnya Peternakan Lele Milik Warga Di Desa Dangdeur Sangat Menjanjikan

Akibat pandemi Covid-19 beragam cara dilakukan warga demi mendapatkan penghasilan. Masyarakat bahkan ada yang harus rela mengorbankan sesuatu demi menunjang kebutuhan sehari-hari. Seperti halnya yang dilakukan Pak Rahmat, Ia memanfaatkan pekarangan rumahnya di Desa Dangdeur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta untuk budidaya ikan lele. Menurut pengakuan Pak Rahmat, budidaya ikan lele yang dijalankannya berawal dari coba coba sembari mengisi waktu luangnya sebagai kontraktor untuk menambah penghasilannya. Usaha budidaya lele telah ia tekuni sejak tahun 2021. Sampai saat ini budidaya lele terus dikembangkannya karena telah membawa keuntungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saat ini pun lele yang dimiliki Pak Rahmat telah disuplai ke rumah makan dan pasar yang ada di Desa Dangdeur. Ke depannya Pak Rahmat berencana untuk menambah kolam lele untuk mengembangkan usahanya tersebut. Kisah Pak Rahmat tersebut kiranya dapat menjadi sebuah motivasi untuk para generasi muda agar tidak takut mencoba hal baru. Karena kegagalan itu bisa tetapi pengalaman tidak dapat dibeli.

DESA DANGDEUR MENJADI SALAH SATU TEMPAT MAGANG PRAJA IPDN SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Salah satu program Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) untuk praja IPDN tingkat akhir melakukan Bakti Karya Praja atau biasa disebut Kuliah Kerja Nyata. Dalam hal ini Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta sebagai salah  satu tempat magang untuk Praja IPDN angkatan XXXI. Desa dangdeur menjadi salah satu desa yang terpilih untuk program tersebut.  Dalam bakti karya praja ini mengusung tema "Mewujudkan Database Desa melalui WEBDESAKU untuk Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Purwakarta". Adapun tujuan dari bakti karya praja ini untuk mengelola terkait profil desa, berita dan e-commerce yang akan di publikasi di WEBDESAKU dalam rangka mewujudkan digitalisasi desa serta mempermudah masyarakat mengakses informasi terkait Desa Dangdeur. Pelaksanaan magang ini berlangsung selama 13 hari terhitung mulai tanggal 5 s.d 18 September 2023. Adapun jumlah praja yang melaksanakan magang di Desa Dangdeur sebanyak 8 orang yang berasal dari beberapa provinsi di Indonesia.  Semoga pelaksanaan magangini dapat membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta dapat memberikan kontribusi khususnya dalam program pengelolaan WEBDESAKU.

Pelatihan Jurnalistik Dan Digital Marketing Webdesaku

WEBDESAKU PURWAKARTA,Rabu (10/08/2022) Dalam rangka Optimalisasi Pengelolaan Webdesaku di Purwakarta diadakan Pelatihan jurnalistik dan Digital Marketing Webdesaku bersama Nara Sumber Bpk. Adi Tarigan. Dalam Pelaksanaanya sejak diluncurkan tahun 2020 Webdesaku kebanyakan tidak Optimal dan kebanyakan para Operator Desa Tidak Tahu dan tidak mengerti dalam mengelola Webdesaku tersebut. Dalam Pemaparannya Narasumber menegaskan dalam penulisan harus sesuai dengan 5W1H dan EYD. Harapan ke depan Desa desa di Purwakarta dapat menunjukan ciri sendiri dari Desa tersebut.(MM)